Rabu, 04 Juni 2008

Pembelajaran Billingual di SMP AL MUTTAQIN TASIKMALAYA


A.Latar Belakang

Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan sebagai dinamisator masyarakat itu sendiri. Sesuai dengan sunatullah, masyarakat akan terus berubah dengan membawa nilai nilai baru, lebih lagi di era globalisasi yang sarat dengan nuansa kompetitif, orientsi mutu, keterbukaan ,dan jaringan kerja sama. Untuk menghadapi kondisi seperti ini sangat dibutuhkan pendidikan yang handal dan terobosan baru dalam menciptakan model.
Keseriusan pemerintah terhadap pendidikan semakin besar, antara lain dengan lahirnya UU RI No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan PP RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dan salah satu aspek yang belum optimal, namun sangat strategis adalah meningkatan mutu SDM pendidikan dan manajemen pendidikan serta menciptakn model yang sesuai dengan rambu-rambu Standar Nasional Pendidikan. Kebijaksanaan pemerinrah tersebut mulai disambut baik oleh stake holder, pengelola atau praktisi pendidikan, kepala sekolah, dan guru. Hal ini terbukti dengan tingkat persaingan untuk memasukan siswanya ke sekolah sekolah favorit.
Untuk merespon kondisi di atas, pada tahun pelajaran 2006/2007 SMP Al-Muttaqin Tasikmalaya akan membuka program kelas khusus yang diberi nama BILINGUAL CLASS,yang bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris, terutama dalam pelajaran Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia.

B. Tujuan
Tujuan dari pembelajaran billingual adalah :



  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam matematika
    Ilmu Pengetahuan Alam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan tersebut.

  2. Memiliki lulusan yang memliki kemahiran berbahasa Inggris

  3. Meningkatkan penguasaan kemampuan matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam bahasa Inggris sesuai dengan perkembangan zaman

  4. Meningkatkan kemampuan daya saing secara internasional tentang MIPA sebagai dasar bagi perkembangan teknologi

  5. Meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris bagi siswa

  6. Menempatkan sekolah dalam posisi perkembangan didunia peterdepan di bidang MIPA dan teknologi.

  7. Ciri khas keunggulan sekolah

C. Fokus Pengembangan
Untuk Mencapai tujuan tersebut di atas memfokuskan perkembangan pada :



  1. Pengembangan materi MIPA dalam baha dalam Inggris

  2. Pengembangan media pembelajaran

  3. Peningkatan kompetensi guru MIPA dalam bahasa Inggris

  4. Peningkatan keterampilan guru Bahasa Inggris dalam memahami teknologi MIPA dalam bahasa Inggris

  5. Pembiasaan berbahasa inggris di sekolah

  6. In house training

  7. Penerapan MBS dan kemampuan sekolah secara konsisten

D. Sasaran
Sasaran dari program ini yaitu:



  1. Peserta didik

  2. Guru dan pramubakti

  3. Warga sekolah

E. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari program ini antara lain:



  1. Sekolah menggunakan bahas Inggris sebagai bahasa pengantar

  2. Sekolah memiliki ciri khas keunggulan.

  3. Sekolah memiliki SDM yang siap bersaing

F. Pendekatan Pembelajaran
Pembelajaran yang akan dilaksanakan pada Bilingual Class yaitu menggunakan sistem:



  1. Meaning full, yaitu setiap pembelajaran mempunyai nilai guna dan bermakna bagi
    kehidupan anak

  2. Trust dialogue, yaitu setiap pembelajaran dilakukan dengan proses dialog karena setiap anak memiliki potensi dan bakat..

  3. Learning is fun, yaitu setiap pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan.


G. PELAKSANAAN BILINGUAL CLASS

1.1 Program Matrikulasi
Program ini ditunjukan bagi siswa kelas VII Bilingual.Waktu pelaksanaan mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 3 Agustus 2008.Program ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para peserta didik dan memotivasi mereka pada saat proses belajar di kelas Bilingual berlangsung.


1.2. Target pencapaian Kemampuan siswa
a. Pada Triwulan pertama yaitu bulkan September, penguasaan bahasa Inggris siswa dalam mata pelajaran MIPA ,IPS, TIK, KTK diharapkan mampu mencapai target
15%.Indikator percapaiannya adalah nilai yang diperoleh siswa pada tiap mata
pelajaran tersebut dalam raport tengah semester 1.


b.Pada triwulan kedua yaitu bulan Desember, penguasaan bahasa Inggris siswa dalam
mata pelajaran MIPA, IPS, TIK, KTK diharapkan mampu mencapai target 30%.
Indikator pencapaiainnya adalah nilai yang diperoleh siswa pada tiap mata pelajaran
Tersebut dalam raport akhir semester 1 .


1.3 Pengadaan Buku saku
Merancang dan menyusun register English for Specific Purposes (ESP) untuk pelajaran MIPA, IPS, TIK, KTK. Buku saku ini untuk membantu peserta didik agar mudah dalam menghapal Vocab dan buku saku ini bisa dibawa kemana-mana.


1.4 Jadwal Pendampingan kelas
Kegiatan ini dilakukan untuk mendampingi dan membantu para guru MIPA dalam penguasaan Bahasa Inggris dan membantu para peserta didik. Guru pendamping ini tidak diberi tugas mengajar secara khusus, akan tetapi ia mendampingi guru MIPA ketika mengajar di dalam kelas. Selain dari itu, Guru Pendamping ini bertugas menerima setoran Vocab dari peserta didik.


1.5 English Day
Program ini akan dilaksanakn pada yang berbeda untuk setiap kelasnya.Hariyang dipilih adalah hari yang paling banyaknya jam MIPA dan sesuai kesepakatan wali kelas.
Setiap siswa kalas Bilingual baik kelas VII maupun VIII diwajibkan menggunalkan bahsa Inggris.
Ø Pada semester 1 setiap hari senin kelas VII diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahsa Inggris di dalam kelas. Sementara kelas VIII diwajibkan berkomunikasi menggunakn bahas Inggris di esluruh area sekolah


1.6 English Camp


Kegiatan English camp, bekerja sama dengan antara SMP AL MUTTAQIN dengan Bandung Internasional School (BIS) yang dilaksanakan di Kampung Naga Selama 3 hari 3 Malam. Kegiatan ini bertujuan untuk melancarkan komunikasi dalam Bahasa Inggris.


1 komentar:

comre city mengatakan...

pak,apakabar?